Cara Membuat Blog Sendiri Gratis

Tutorial cara membuat blog gratis ini khusus untuk pemula seperti saya sendiri. Bagi agan-agan yang sudah melanglang buana dan mendalami ilmu blogging, kayaknya gak perlu capek-capek baca deh. Ehm … Untuk tutorial membuat situs dengan hosting gratis sudah pernah posting pada artikel sebelumnya.
Apa saja yang dibutuhkan?
  • Akun Gmail
  • No Handphone beserta handphone-nya
  • Komputer/Laptop
  • Internet
Berapa lama waktu dibutuhkan?
  • Tidak lama _+ 10 menit
Apa yang saya dapatkan?
  • 1 blog kesayangan Anda
  • Posting pertama Anda di dunia Online
  • Pintu memasuki belantara dunia maya

Langkah Pertama Membuat Akun Gmail

Langkah pertama Anda adalah mendaftar akun gmail. Kenapa akun gmail? karena dengan mempunyai email gmail, Anda akan mendapatkan super ratusan fasilitas dari google. Termasuk blog gratis.
membuat-aku-gmail-cara-buat-blog
Bila belum punya akun gmail. Buatlah dulu siapkan handphone-nya, karena google akan meminta konfirmasi no verifikasi melalui hp. Setelah mendapatkan sms dari google berisi no verifikasi, masukkan kode tersebut pada kolom yang diminta.

Langkah Kedua Masuk ke blogger.com

Setelah berhasil masuk gmail –> buka tab baru –> ketik blogger.com.
halaman masuk blogger
Anda akan masuk ke halaman muka blogspot.com, dan diminta memasukkan password lagi (passwordnya sama dengan password email gmail yang tadi).
Setelah mengisi password dan masuk. Berarti Anda telah membuka akun blogger baru. Dan google akan memberi ucapan selamat .
Klik saja “lanjut ke blogger” di bagian bawah. Ucapan selamat sudah diterima. Sekarang saatnya membuat blog!

Langkah Ketiga Membuat Blog Pertama Anda

Langkah Selanjutnya. Buatlah blog pertama Anda. Klik Blog Baru seperti gambar di bawah.
klik buat blog baru
Akan terbuka popup berisi form pembuatan blog. Isilah sesuai dengan selera Anda.
dialog buat blog baru
Kalau sudah selesai mengisi semua form, berarti anda tinggal klik “Buat Blog” di again kanan bawah. NB: Ketika menulis Alamat, bila ada tanda seru dan kata-kata “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia”, berarti alamat tersebut sudah dipakai orang lain, buat alamat yang lain sampai muncul tulisan “alamat blog ini tersedia”.

Langkah Keempat Membuat Tulisan Pertama Anda

Setelah klik Buat Blog, maka popup akan hilang dan muncul halaman blog Anda. Klik Mulai mengeposkan untuk membuat artikel postingan pertama Anda.
Akan muncul form penulisan Artikel. Tulislah artikel Anda di situ. Jangan lupa memberikan judul pada bagian atas. Terakhir, setelah selesai menulis, klik Publikasikan. Dan blog pertama Anda dengan tulisan pertama Anda akan terpublish secara online.

Selamat! Anda Punya Blog Baru

Blog baru Anda telah di publikasikan. Tulisan Anda juga telah masuk ke dunia Maya. Sekarang tinggal kreatifitas Anda, sejauh mana media pembelajaran baru ini bermanfaat untuk Anda.
Untuk masuk lagi ke blog Anda dan menulis artikel lain. Anda tinggal masuk ke blogspot.com, ketikkan alamat email gmail Anda dan passwordnya. Anda akan masuk ke halaman blog Anda sebagaimana yang Anda pelajari di atas.
Selamat Mencoba! Semoga artikel tutorial cara mudah membuat blog sendiri secara gratis ini bermanfaat dan dapat menambah keilmuan kita. Jangan lupa likenya ya.

0 Response to "Cara Membuat Blog Sendiri Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel